KEGIATAN MASA ORIENTASI SISWA (MOS) MTs N 1 LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Setiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan sebelumnya, kekhususan ini merupakan hal yang wajar dan memang harus dilalui. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan cara-cara penyampaian bahan pembelajaran dan materi pendidikan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan pertumbuhan fisik dan mental psikologis peserta didik.

Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan di jenjang sebelumnya perlu disempurnakan dan diubah dengan cara belajar yang baru yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sesuai perkembangan fisik dan mental psikologis peserta didik.

Berkenan hal tersebut, maka penyelenggaraan MOS di MTsN 1 Lampung Barat perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan madrasah yang menjadi pilihannya untuk menuntut ilmu, sekaligus sebagai upaya mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan barunya.

Jpeg

Kegiatan MOS 2015  diketuai Drs. Yakob dan sekretaris Agus Suprianto, S.Pd dibantu pengurus OSIS MTsN 1 Lampung Barat dilaksanakan selama 3 hari, dimulai hari kamis 30 Juli 2015 dan berakhir sabtu 1 agustus 2015 yang diikuti oleh 203 siswa/i baru  dibagi menjadi 6 kelompok.

Jpeg

Dalam MOS tahun ini materi yang disampaikan tentang keagamaan, wawasan wiyata mandala, tata tertib dan tata krama, kurikulum 2013, organisasi siswa, kebersihan lingkungan, peraturan baris berbaris, perkembangan perilaku remaja, kepramukaan serta apresiasi seni dan permainan.

Dalam sambutannya Kepala MTsN 1 Lampung Barat Hikmat Tutasry, S.Pd menyampaikan tujuan diadakannya MOS bagi siswa/i baru di lingkungan MTsN 1 Lampung Barat Antara lain :

  1. Membentuk karakter peserta didik dalam rangka mempertebal semangat nasionalisme;
  2. Memberikan kesan kepada peserta didik tentang kesan positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan barunya;
  3. Membantu peserta didik baru untuk mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidik di Madrasah sehingga tercipta iklim akademik yang kondusi
  4. Memahami kehidupan madrasah yang baru, terutama bagi peserta didik baru dalam upaya pengenalan dan pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala;
  5. Memotivasi peserta didik baru agar tumbuh dan memiliki kepercayaan diri sehingga mempunyai keberanian mengungkapkan pendapat serta aktif dalam kegiatan yang positif dan kontruktif;
  6. Menanamkan rasa bangga peserta didik baru terhadap almamaternya, sehingga akan timbul rasa memiliki, dan mampu berinteraksi dengan berbagai unsur dan  komponen madrasah yang pada akhirnya akan berimbas pula terhadap pemahaman untuk melaksanakan semua aturan dan norma yang diterapkan di madrasah dengan baik.

Dan selanjutnya Kepala Madrasah mengharapkan agar semua warga madrasah harus mampu meningkatkan kompetensinya sehingga tercapai visi dan misi sekolah yaitu sekolah yang berkarakter, cerdas dan berdaya saing.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

By Admin (HUMAS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: