KAMPANYE PENCEGAHAN HIV DAN AIDS DI MTSN LIWA

Perkembangan anak usia di Madrasah Tsanawiyah (MTs)  pada rentang usia 12 – 15 tahun merupakan  masa transisi yang unik dan ditandai dengan berbagai perubahan fisik, emosi, dan psikis. Masa remaja sering juga di sebut masa  pubertas atau peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja dengan pematangan organ reproduksi.  Pada tahapan peralihan tersebut perkembangan fisik lebih cepat dibandingkan dengan perubahan emosi dan psikis.

Seiring dengan berbagai perubahan yang dialami nya, remaja cenderung ingin mencari jati diri lewat mencoba segala sesuatu yang belum pernah dilakukannya atau lebih dikatakan tidak mau ketinggalan jaman. Dalam arti jika tidak mau ketinggalan jaman. Dari pergaulan antara sesamanya, remaja kadang bias terjerumus pada pergaulan bebas hingga mulai mencoba-coba narkoba dan melakukan hubungan seksual diluar nikah, sehingga menjadi resiko tertular penyakit menular seksual HIV/AIDS.

Menyadari masalah yang dihadapi dalam upaya pencegahan dan pengendalian  HIV dan AIDS di Kabupaten  Lampung Barat  khususnya kaum muda usia 10-24 tahun, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat  melakukan kampanye pencegahan HIV dan AIDS di MTsN Liwa dengan mengusung  tema “ Aku bangga Aku Tahu”.

2

Bapak Maryan Hasan, M.Ag. sedang memberikan arahan kepada siswa/i MTsN liwa

3

Bapak Hikmat Tutasry, S.Pd selesai memberikan kata sambutannya

Kegiatan kampanye pencegahan HIV dan  AIDS yang berlangsung di MTsN Liwa dilaksanakan pada hari Senin, 12 Mei 2014 dan dihadiri oleh Bapak Maryan Hasan, M.Ag. Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lampung Barat, Hikmat Tutasry, S. Pd. Kepala MTsN Liwa, dan Tim  kampanye pencegahan HIV dan AIDS yang berasal dari pegawai dinas kesehatan, dinas pendidikan dan dari dinas tenaga kerja Kabupaten Lampung Barat, serta dihadiri oleh para guru, pegawai, dan siswa-siswi MTsN Liwa.

4 5

Siswa/i MTs Negeri Liwa antusias mengikuti jalannya kegiatan

Kegiatan pencegahan HIV dan AIDS diawali dengan memberikan pre test pengetahuan murid  MTsN Liwa seputar HIV AIDS, memutarkan DVD “ Aku Bangga Aku Tahu” untuk ditonton dan diperhatikan kisahnya, membagi murid menjadi 4 kelompok yang masing masing  kelompok membahas akar penyebab, seandainya aku kamu yang terkena HIV AIDS, bagaimana bisa seseorang tidak terkena HIV/AIDS dan kelompok Aku Bangga Aku Tahu belajar dari leaflet dan poster yang ada untuk nantinya dijelaskan pada teman teman mereka.

8

Salah satu Tim Kesehatan Pemda Kab Lampung Barat sedang membagikan lembar pre test

9

Bapak Hikmat Tutasry, S.Pd turut membantu TIM pada pre test

Setelah dilakukan presentasi dan diskusi oleh para siswa,  tim kampanye  memberikan penguatan seputar pencegahan HIV AIDS serta memberikan penjelasan tentang gaya hidup yang negatif yang harus ditinggalkan dan pilihan gaya hidup yang positif yang bisa dilakukan oleh remaja. Selanjutnya dilakukan post test untuk mengukur keberhasilan proses dan mengukur pengetahuan murid seputar HIV AIDS setelah dilakukan kampanye.

6

Salah satu TIM Kampanye dari Dinas Kesehatan sedang menyampaikan salah satu materi

10

Pemutaran Video yang bertemakan Aku bangga Aku Tahu”

Pada kesempatan tersebut Kepala MTsN Liwa menyambut positif kegiatan ini dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan yang lebih komprehensif kepada seluruh warga MTs Negeri Liwa. Dan selanjutnya Kepala Madrasah memberikan penekanan kepada siswa/i untuk membentengi pergaulan di jaman sekarang dengan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

By : HT

Editor : Admin

1 Comment (+add yours?)

  1. Anonymous
    May 18, 2014 @ 11:36:55

    (y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: