Hiking MTs Negeri Liwa

Hiking, secara sederhana bisa diartikan berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olah raga. Hiking adalah yang hemat biaya dan sangat cocok untuk melatih kebugaran tubuh, dan yang terpenting tidak memerlukan peralatan khusus. Karena orang yang melakukan hiking bisa berjalan sejauh yang diinginkannya, menyusuri lembah atau pegunungan.

Ada istilah yang nenyatakan, “In Hiking, the Journey is more important than the Destination (Dalam hiking, perjalanannya lebih penting dari pada tempat tujuan)”. Hiking bisa berarti sekedar berjalan-jalan di ladang pada hari minggu hingga perjalanan 3 minggu menyusuri hutan belantara di Kalimantan. Ada banyak istilah yang menggantikan kata hiking, tergantung kondisi alam yang dilalui dan jarak tempuhnya. Trekking, Backpaking, Bushwalking, Trailing dan Mountaneering adalah sebagian kecil aktifitas yang bisa masuk dalam kategori hiking. Bentuk paling dasarnya adalah “berjalan kaki”. Jika kamu mampu mengangkat dan melangkahkan kaki, berarti kamu mampu melakukan perjalanan (hiking). Dan pada tingkatan lebih lanjut, hiking bisa menjadi titik awal mempelajari kemampuan survival (bertahan hidup di alam), camping (berkemah), mountaneering (mendaki gunung), rock climbing (panjat tebing), kemampuan navigasi dan berbagai teknik dalam berkegiatan di alam terbuka.

Saat memikirkan kata hiking, yang berikutnya terpikirkan adalah alam terbuka, pemandangan yang indah, backpack (tas punggung) dan tenda. Kebanyakan orang berpikir, hiking sebagai salah satu cara dekat dengan alam dan cara yang baik untuk melatih fisik sembari melepaskan lelah dan keluar dari keramaian kota.

Alasan Melakukan Hiking

Hiking adalah rekreasi dimana kita berjalan karena kita memang menginginkannya, bukan karena terpaksa melakukannya. Proses perjalanan lebih penting daripada sampai ke tempat tujuan. Alasan melakukan perjalanan berbeda-beda tiap orang dan berbeda-beda pula pada kesempatan yang berbeda. Kebanyakan alasan orang melakukan hiking, antara lain:

  • Hiking sebagai latihan tubuh yang mampu meningkatkan seluruh kondisi fisik kita. Gerakan yang dilakukan saat berjalan memang hanya memberi sedikit pengaruh, tetapi cukup efektif dilakukan untuk melatih fisik. Kamu juga bisa menentukan target dan jarak seberapa jauhnya sebagai lpatokan melakukan latihan rutin.
  • Hiking adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi alam. Kebanyakan orang menikmati hiking karena membawa mereka kembali ke alam. Kegiatan ini juga memungkinkan kamu melihat tempat-tempat yang indah, melihat langsung berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar.
  • Hiking sangat mudah dilakukan karena tidak memerlukan banyak peralatan. Cukup dengan sepasang sepatu atau sandal, pakaian yang cocok dan tas ransel kecil. Tidak perlu kemampuan khusus, asalkan kamu bisa berjalan maka kamu bisa melakukan hiking.
  • Hiking bisa menambahkan pengetahuan dan kemampuan kita. Ada pengetahuan dan ketrampilan tertentu yang bisa kita dapatkan dari pengalaman ketika berjalan di alam terbuka.

Aturan dan Etika Dalam Hiking

SEBELUM MELAKUKAN HIKING

  • Ketahui kemampuan fisik dan mentalmu terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan kondisi medan/ tempat yang akan kamu jelajahi.
  • Pastikan kamu punya pengetahuan tentang tempat yang akan kamu jelajahi.
  • Persiapkan perlengkapan sesuai dengan cuaca dan kondisi medan yang akan kamu jelajahi. Tidak perlu membahayakan diri dengan perlengkapan dan bekal yang minim.
  • Informasikan ke orang lain kemana kamu akan pergi dan sampai kapan. Kamu bisa memberitahu orang tua atau temanmu, sehingga jika terjadi sesuatu dan kamu kembali tidak sesuai rencana, mereka bisa memastikan keadaanmu.
  • Hindari ber-hiking sendirian. Sebaiknya lakukan hiking dengan berkelompok, idealnya minimal 3 orang. Jika salah satu terluka, satu orang bisa menjaga yang terluka dan seorang lagi bisa pergi mencari bantuan.

SAAT MELAKUKAN HIKING

  • Jangan merusak flora dan fauna yang kamu temui dalam perjalanan.
  • Jangan mengotori alam dengan sampah. Bawa kembali bekas bungkus makanan untuk dibuang pada tempatnya. Jika sampahnya berupa sampah organik, kuburkan agar tidak dimakan hewan liar. Dilarang meninggalkan sesuatu selain meninggalkan jejak.
  • Jika buang air, lakukan di tempat yang agak jauh dari jalanan atau sumber air. Lebih baik lagi lakukan dengan membuat lubang terlebih dahulu, bakar kertas toilet jika kamu menggunakannya, lalu kuburkan lagi. Jika kamu membakar sesuatu, pastikan apinya sudah mati saat kamu meninggalkannya.
  • Jika kamu memakai sabun atau deterjen, pastikan membuangnya jauh dari sumber air. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan produk yang biodegradable.
  • Berjalanlah tetap di jalan setapak yang sudah ada. Dengan benjalan di luar jalan setapak, ada kemungkinan kamu merusak alam yang seharisnya tidak terjamah manusia. Hal ini dilakukan juga untuk menghindari tersesat.
  • Jika menemui jalan atau tanda jalan yang rusak, beritahukan pada petugas setempat. Hal ini bisa menenolong penjelajah lain yang mungkin akan menemui kesulitan karena belum berpengalaman.
  • Jangan mengganggu lingkungan dengan berteriak atau memutar musik dengan volume keras.
  • Jika berencana bermalam/ camping. Pastikan kamu mengikuti aturannya. Di beberapa tempat ada yang sudah diatur dimana tempat yang boleh digunakan untuk mendirikan tenda dan membuat api.
  • Jika hendak berburu atau memancing, pastikan tidak ada aturan setempat yang melarangnya. Seperti pada point di atas, aturan bisa berarti aturan resmi yang dibuat pemerintah, bisa juga adat—istiadat yang dipercaya masyarakat setempat.

Ada istilah populer di kalangan para penjelajah/ pendaki berkaitan dengan etika. Yaitu,

  • Dilarang membuang sesuatu selain membuang waktu.
  • Dilarang meninggalkan sesuatu selain meninggalkan jejak.
  • Dilarang mengambil sesuatu selain mengambil gambar.

(Sumber: Be Prepared)

Pada hari minggu  tanggal 23 September 2012, MTs Negeri Liwa melalui Bidamg Olahraga melakukan kegiatan Hiking  di  Taman Wisata Alam Kubu Perahu, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung Barat. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa siswi MTs Negeri Liwa kelas 9 dan Dewan Guru/TU. Koordinator Kegiatan hiking adalah Bapak Edi Aksa Wijoko, A.Md dan Bapak Poedjijanto, S.Pd. Diawali jam 8 pagi seluruh peserta sudah berkumpul semua di POS Petugas TNBBS kubu perahu, dan mulai berangkat jam 9.

 Sebelum berangkat, kelas 9A berfoto bersama Guru Pengawas Hiking

Pak Sultoni, S.Pd.I sedang mengabsensi

Sebagai tujuan akhir dari hiking adalah air terjun Sepapa Kiri. Sebelum berangkat masing-masing siswa dibagi perkelas dengan di dampingi masing-masing 3 orang Guru/TU dan dilakukan peng absenan. Selama perjalanan rombongan hiking dipandu langsung oleh petugas Taman. Selama perjalanan begitu banyak rintangan rute perjalanan tapi semua rombongan tetap semangat.

Siap berangkat, melalui jembatan bumi perkemahan

Salah satu Petugas TNBBS yang mendampingi rombongan hiking

Istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan, tetap semangat dan eksis….

Jalan yang menanjak.. Ayo.. kamu bisa

Huuuu… capeknya., menunggu rombongan lain yang ada di belakang

Ibu Dirgahayu mencoba naik dengan bantuan tali dan di bantu Petugas TNBBS..

Akhirnya kurang lebih 2 jam perjalanan, sampailah rombongan hiking di lokasi  air terjun Sepapa Kiri yang berdiri tegak dengan ketinggian -/+ 60m.

Air terjun Sepapah Kiri

Beautifully

Mandi… mandi yuk….

Salam Kinclong Selalu…

Turun akh….. Hati-hati pak, licin….

Waduh.. gimana nich😦  nggak ada sinyal

Foto kami Pak.. Ok deh

Pak Pairozi berfoto bersama anak-anak… duh ada yang lewat tu (penampakkan)

Bapak/ Ibu Guru Pendamping Hiking.. Loh? kemana yang lainnya?… ho ho ho … nggak sanggup turun.

Tampilan air terjun didepan mata mampu menghapus semua rasa capek, sakit dan lain-lain….. Sebagian guru dan siswa memamfaatkan momen tersebut dengan berfoto. Akhirnya -/+ jam 12, rombongan hiking meninggalkan lokasi air terjun untuk kembali dengan melalui rute yang sama..

Melepas lelah sesaat, sambil menunggu rombongan yang berada di belakang.. tetap semangat Pak Edi.

Akhirnya telah sampai di jembatan gantung Bumi Perkemahan.. masih semangat buk?..

Aduh… yang satu ini tertidur… kelelahan, zzzzzzzzzzzzzz

Menyempatkan mandi setelah menempuh perjalanan pulang.

Kapan lagi Pak kita hiking?…..

Upsss…  akhirnya sampai juga.    الحمد لله

Begitu melelahkan………..🙂

By : Admin

1 Comment (+add yours?)

  1. Eel
    Nov 30, 2012 @ 12:14:53

    Dilarang membuang sesuatu selain membuang waktu.
    Dilarang meninggalkan sesuatu selain meninggalkan jejak.
    Dilarang mengambil sesuatu selain mengambil gambar.

    ^^^
    ^^^
    itu membuanglebih tepatnya memburu sepertinya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: