HUT Lampung Barat ke 21

Senin 24 September 2012 bertempat dilapangan Pemda Way Mengaku berlangsung Upacara memperingati  HUT Lampung Barat yang ke 21.  Sebagai Inspektur Upacara Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri.

Dengan usia yang ke 21 semoga Kabupaten Lampung Barat bertambah MAJU.

 إن شاء الله

Mungkin sebagian kita masih ada yang belum tau sejarah berdirinya Lampung Barat. Pada postingan ini kami sertakan Sejarah Singkat Berdirinya Lampung Barat.

Sejarah Singkat 20 Tahun Berdirinya Kabupaten Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat secara resmi berdiri sejak tahun 1991 berdasarkan Undang-Undang Nomor 06 tahun 1991 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1991 nomor 64, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844) dan pada tahun 2011 ini genap berusia 20 tahun

Sebelum lahirnya Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat, berdasarkan undang-undang tersebut Lampung Barat merupakan pembantu Bupati Lampung Utara wilayah Liwa yang beribu kota di Liwa.Perjuangan dan usaha masyarakat Lampung Barat untuk menjadi kabupaten sebenarnya telah dimulai jauh sebelum tahun 1991.

Perjuangan dimaksud dimulai pada bulan januari 1967, dimana melalui musyawarah besar keluarga pemuda, pelajar dan mahasiswa Lampung Barat Se-indonesia serta didukung oleh semua komponen masyarakat Lampung Barat yang diselenggarakan di Krui pada tanggal 01 s/d 06 februari 1967, terbentuklah panitia nasional dan panitia eksekutif yang beralamat di jalan pramuka nomor 91 Krui. Panitia nasional tersebut di ketuai oleh Safe’i a. Ronie, SH dan Sekretarisnya Chotman Bin Jauhari dari unsur keluarga pelajar dan mahasiswa Lampung Barat Yogyakarta. Sedangkan  panitia  eksekutif  di  ketuai  oleh a. Munir Rozali dari Krui dan Sekretarisnya Adnan Hasan Kepala SMP Negeri Krui, kepanitiaan tersebut terdiri dari pelindung dan penasehat yang masing-masing Tjatur Tunggal Lampung Barat sebagai pelindung a. Jahja Murod, SH sebagai penasehat.

Musyawarah besar tersebut menghasilkan 9 (sembilan) resolusi, sembilan resolusi tersebut dirumuskan oleh presedium musyawarah besar pemuda, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat Lampung Barat yang berjumlah 9 (sembilan) orang dengan ketuanya Drs. K. Satia Nazori dan sekretarisnya adalah m. Wardi Sarbini.

Atas dasar resolusi tersebut, DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Utara menyutujui / memberikan dukungan  dan minta perhatian Pemerintah Daerah Tingkat I Lampung terhadap resolusi presedium musyawarah nomor : 01/res/1967 yang menuntut dibentuknya ex kewedanan Krui menjadi daerah tingkat II. Dukungan DPRD Tingkat II Lampung Utara tersebut berdasarkan sidang pleno ke 1 (satu) tahun 1967 dalam rapat ke 2 (dua) tanggal 16 april 1967 dan ditandatangani oleh ketua DPRD Tingkat II Lampung Utara yaitu Samsudin Wiropraja.

Perjuangan dan usaha yang tidak mengenal lelah yang dilakukan oleh semua pihak dan segenap komponen masyarakat Lampung Barat tersebut menumbuhkan rasa simpati Gubernur Kepala Daerah Tingkat  I  Lampung  yaitu  Pujono  Pranyoto  dan Hi. Ali Mudin Umar, SH Ketua DPRD Tingkat I Lampung untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Lampung Barat di tingkat pusat.

Pujono Pranyoto bersama-sama hi. Ali Mudin Umar, SH adalah tokoh yang menjadi kunci lahirnya Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat karena lewat perjuangan beliau berdua pemerintah pusat mempersiapkan rancangan undang-undang tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat dan kepada jajaran beliau dipacu untuk mempersiapkan semua persyaratan sarana dan prasaranan yang diperlukan bagi terwujudnya Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat.

Persyaratan utama yang saat itu akan menjadi kendala adalah pendanaannya maka untuk itu Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Lampung menyatakan siap untuk membiayai Kabupaten Daerah Tk. II Lampung Barat selama 3 (tiga) tahun pertama sebagai modal pangkal bagi pertumbuhan dan pembangunan Lampung Barat.

Perkembangan selajutnya sebagaimana kita ketahui bahwa tanggal 16 juli 1991 rancangan undang-undang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat mulai dibahas di DPR RI selama kurang lebih satu setengah bulan, maka pada tanggal 20 juli 1991 rancangan undang-undang tersebut dapat disetujui serta disusul dengan dikeluarkannya inmendagri nomor 17 tahun 1991 tentang juklak undang-undang nomor 6 tahun 1991 tentang pembentukan Daerah Tingkat II Lampung Barat.

Awal penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat dimulai dan ditandai dengan peresmian pada tanggal 24 september 1991 oleh Menteri Dalam Negeri (Rudini) bersamaan dengan itu pula Dilantik Pejabat Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lampung Barat yang pertama yaitu Hakim Saleh Umpusinga Bupati yang pertama ini memang belum melalui pemilihan karena DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat belum terbentuk, namun peran fungsi dan wewenang serta kedudukannya tetap sama dengan Kepala Daerah Tingkat II lainnya, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pada tanggal 16 februari 1992 lembaga DPRD antar waktu terbentuk dengan jumlah anggota 32 orang, jumlah ini berdasarkan hasil pertimbangan suara yang diperoleh masing-masing kontestan pada pemilu 1987.

Sebagaimana amanat Undang-undang nomor 5 tahun 1974 jungto Permendagri nomor : 10 tahun 1974 DPRD dibebankan tugas untuk memilih Kepala Daerah yang benar-benar merupakan pencerminan aspirasi masyarakat Lampung Barat, pemilihannya dilaksanakan pada tanggal 6 juni 1992 dalam sidang paripurna khusus DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat dan hasilnya ternyata Letkol Chb Hakim Saleh Umpusinga masih dipercaya untuk menjadi Bupati Kepala Daerah Tk.II Lampung Barat selama masa bakti 1992-1997 dan dilantik pada tanggal 01 juli 1992 oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Lampung atas nama Menteri Dalam Negeri.

Perkembangan sistim pemerintahan dan dinamika politik yang terjadi di Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat tongkat kepemimpinan dilanjutkan oleh Letkol I Wayan Dirpha yang dipilih berdasarkan hasil pemilihan Bupati oleh DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II lampung Barat. Pada masa transisi sebelum di lantiknya Bupati terpilih periode 1997-2002 maka, roda pemerintahan diamanahkan kepada Drs. Indra Ismail yang ditunjuk oleh Gubernur berdasarkan keputusan Gubernur Daerah Tingkat I Lampung.

Masa kepemimpin Bupati Letkol I Wayan Dirpha periode 1997-2002 meletakkan prioritas pembangunan dalam rencana statejik pembangunan yang disusun dalam visi dan misi pembangunan sebagai berikut :

Visi : terwujudnya masyarakat Lampung Barat yang madani, berakhlak mulia, dan sejahtera dengan melaksanakan pembangunan pertanian, kehutanan dan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Sesuai dengan visi tersebut maka misi yang dilaksanakan adalah :

1. Melaksanakan otonomi daerah untuk mencapai kemandirian masyarakat lampung barat.

2. Melaksanakan pemerintahan yang bersih, demokratis dan menjunjung tinggi supremasi hukum.

3. Meningkatkan ekonomi daerah berbasis ekonomi kerakyatan.

4. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia

5. Melaksanakan pengelolaan sumberdaya alam berbasis masyarakat.

6. Meningkatkan keberdayaan lembaga adat dalam pembangunan.

7. Mengembangkan kepariwisataan yang berbasis sumberdaya alam dan budaya.

Dengan lahirnya undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 nomor 60, tambahan Lembaran Negara Republik Inndonesia nomor 3839) maka sistim pemerintahan dan paradigma penyelenggaraan pemerintahan secara nasional mengalami perubahan signifikan dimana sistim dan mekanisme pemeritahan otonomi daerah yang bertanggungjawab dilaksanakan dan penyebutan Pemerintah Daerah Kabupaten Tingkat II Lampung Barat pun berubah menjadi pemerintah  Kabupaten Lampung Barat.

Penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelaksanaaan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat Periode 2002-2007 dipimimpin oleh ir.Erwin Nizar, M.Si yang dipilih berdasarkan hasil Pemilihan Bupati oleh DPRD Kabupaten Lampung Barat pada rapat paripurna DPRD Pemerintah Daerah Kabupaten Tingkat II Lampung Barat. Dengan meletakkan stateji pembangunan daerah Pada Visi Terwujudnya Masyarakat Lampung Barat Yang Madani Berbasis Pertanian, Kehutanan, Kelautan Dan Pariwisata Maka, Misi Pembangunan Kabupaten Lampung Barat dilaksanakan melalui :

1. Melaksanakan otonomi daerah secara bertanggungjawab, dalam rangka menumbuhkembangkan peningkatan kemampuan dan kemandirian pembangunan lampung barat berbasis kepada daya dukung potensi (sumberdaya buatan, sumber daya manajemen).

2. Melaksanakan pemerintahan yang bersih, demokratis menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan serta lembaga adat dan melaksanakan supremasi hukum.

3. Meningkatkan dan mengembangkan perekonomian daerah melalalui keunggulan daya dukung sumber daya alam yang berbasis eknomi kerakyatan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

4. Meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertagwa serta mampu bersaing dalam era globalisasi.

Dengan berlakunya undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah maka, masyarakat Lampung Barat pada tahun 2007 diberikan kesempatan untuk memilih Bupati/Wakil Bupati secara langsung melalui mekanisme pemilukada.

Hasil pemilukada Lampung Barat tahun 2007 terpilih pasangan Drs. Mukhlis Basri dan Drs. Dimyati Amin sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Lampung Barat Periode 2007-20012 yang dikukuhkan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia  (Mardiyanto) nomor 132.18.528 tahun 2007 tanggal 30 november 2007.

Sumber : Pemerintah Kabupaten Lampung Barat

Dan pada tahun ini, tepatnya pada hari kamis tanggal 27 September 2012 Kabupaten Lampung Barat akan mengadakan Pesta Demokrasi Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: